Survei LSI: Demokrat dan PKB Bisa Jadi Kuda Hitam di Pilpres 2019


Demokrat dan PKB Bisa Jadi Kuda Hitam di Pilpres 2019

Peneliti LSI, Rully Akbar melihat PKB memiliki keuntungan lebih daripada Demokrat dalam menaikkan elektabilitasnya. Banyaknya aksi-aksi keislaman menjelang pilkada dapat berdampak positif bagi pamor PKB, sebagai partai dengan basis pemilih umat Islam.
"Secara isu, saat ini PKB sedikit lebih diuntungkan dengan isu-isu keislaman yang cenderung naik menjelang Pilkada dan Pemilu," ungkap Rully di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (24/1).

Jika dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 Demokrat mampu menemukan isu baru yang mampu menggugah pamor partai, maka peluangnya mempertahankan elektabilitasnya di atas PKB sangat terbuka lebar.
Rully juga berpendapat bahwa manuver politik Muhaimim Iskandar (Cak Imin) sebagai ketua umum PKB dan pamor anak emas Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di mata publik, akan turut berdampak pada elektabilitas partainya masing-masing.
"Sekarang Demokrat sudah mengeluarkan anak emasnya, AHY bisa menjadi posisi tawar baru. Cak imin juga sedang gencar-ge carnya di lapangan dengan (jargon) cawapres zaman now nya, ini juga salah satu upaya bagian politik dari PKB sendiri untuk bisa masuk ke bursa pencalonan presiden dan wakil presiden," ujar Rully.
Maka jika melihat posisi Demokrat dan PKB sekarang sebagai partai tengah, Rully beranggapan dua partai ini memiliki posisi strategis untuk memenangkan partai papan atas dalam pertarungan Pilpres mendatang.
"Partai Demokrat dan PKB menjadi kunci penopang (kemenangan) partai papan atas di Pilpres," pungkas Rully.
Diketahui, dari hasil survei LSI, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menempati posisi teratas dengan skor 22,2 persen, disusul Golkar 15,5 persen, Gerindra 11,4 persen, Demokrat 6,2 persen dan di posisi lima PKB 6 persen.


(sat/JPC)



Thanks for watching our article Survei LSI: Demokrat dan PKB Bisa Jadi Kuda Hitam di Pilpres 2019 . Please share it with kind.
Sincery My path, My Lovely garden
SRC: https://www.jawapos.com/read/2018/01/25/183801/survei-lsi-demokrat-dan-pkb-bisa-jadi-kuda-hitam-di-pilpres-2019

Comments