Catat! Ini Jadwal Lengkap Verifikasi Faktual 12 Parpol


Catat! Ini Jadwal Lengkap Verifikasi Faktual 12 Parpol

Adapun hal tersebut menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) bahwa semua parpol peserta Pemilu 2019 harus diverifikasi secara faktual. 
Ketua KPK Arief Budiman mengatakan, komisioner KPU langsung yang akan melakukan verifikasi faktual tersebut. Mereka membaginya menjadi tiga tim didampingi empat orang sekretariat. 

Tim pertama, terdiri dari Ilham Saputra dan Wahyu Setiawan. Dua komisioner KPU itu akan datang langsung ke kantor DPP Partai Golkar, PAN, PPP, dan PDIP.
Tim kedua, dipimpin oleh Viriyan dan Pramono Ubaid Tanthowi. Keduanya akan melakukan verifikasi faktual ke kantor DPP Partai Demokrat, Gerindra, PBB, dan PKB. 
"Tim C atau ketiga, ada Ibu Evi Novida Ginting dan Pak Hasyim As'ari. Mereka ke PKPI, PKS, NasDem, dan Hanura," jelas Arief saat menggelar konferensi pers di Gedung KPU Pusat, Menteng, Jakarta, Sabtu (27/1). 
Selain di tingkat pusat, pada hari dan jadwal yang sudah ditentukan, KPU juga menerjunkan tim untuk melakukan verfikasi kepengurusan parpol di tingkat provinsi. 
Lalu pada 30 Januari sampai 1 Februari 2017, KPU secara serentak akan melakukan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan keenam belas parpol peserta Pemilu 2019 di tingkat kabupaten/kota.
Arief mengatakan, dalam melakukan verifikasi faktual itu, KPU akan bersinergi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). "Tim dari KPU, masing-masing akan disertai tim Bawaslu," imbuhnya.
Dirinya pun akan melakukan monitoring dengan Ketua Bawaslu. Khususnya, kepada 12 parpol yang akan diverifikasi mulai besok dan lusa. 
"Saya dan Abhan akan monitoring secara acak karena dalam satu sesi ada yang dua, ada yang tiga partai," tukasnya. 
Adapun jadwal verifikasi faktual di kantor DPP parpol sebagai berikut: 

Minggu, 28 Januari 2018 

Pukul: 10.00-11.00 WIB di Partai NasDem dan Partai Bulan Bintang (PBB)
Pukul: 12.00-13.00 WIB di Partai Amanat Nasional (PAN)
Pukul: 14.00-15.00 WIB di Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Demokrat

Senin, 29 Januari 2018 

Pukul 12.00-13.00 WIB di Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
Pukul 14.00 15.00 WIB di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
Pukul 16.00-17.00 WIB di Partai Persatuan Pembangunan (PPP)dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).


(dna/JPC)



Thanks for reading our article Catat! Ini Jadwal Lengkap Verifikasi Faktual 12 Parpol . Please share it with responsible.
Sincery My path, My Lovely garden
SRC: https://www.jawapos.com/read/2018/01/27/184340/catat-ini-jadwal-lengkap-verifikasi-faktual-12-parpol

Comments