Gelar Pertunjukan Wayang Kulit, Megawati Kenang Masa Kecil di Istana


Gelar Pertunjukan Wayang Kulit, Megawati Kenang Masa Kecil di Istana

Dalam sambutannya, di depan Menteri, pengurus DPP PDIP dan masyarakat yang hadir di acara itu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku menonton wayang bisa membuat mengenang masa kecilnya dulu. 
Saat itu, Megawati kecil masih tinggal di Istana Merdeka bersama sang ayah Presiden Indonesia pertama Soekarno, selalu menyelanggaran pagelaran wayang untuk masyarakat.

Bahkan‎ itu rutin selalu dilakukan Bung Karno setiap dua bulan sekali. Lantaran kecintaannya terhadap wayang dan juga untuk memberikan hiburan kepada masyarakat. Kebetulan, sang ayah Bung Karno memang penggemar wayang kulit. 
"Di istana selalu menyelanggarakan wayangan dan selalu dihadiri masyarakat, sehingga saya ingat benar istana saat itu sampai luber banyak yang tidur baik di depan atau di belakang," ujar Megawati di lokasi, Sabtu (27/1).
Megawati yang lengkap menggunakan pakaian batik cokelat ini juga mengungkapkan dirinya sangat ingat benar pesan dari sang ayah Bung Karno, untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia salah satunya yakni wayang kulit.
"Ini perlu dilestarikan apalagi ini generasi milenial yang mereka selalu menggunakan teknologi," katanya.
Presiden Indonesia kelima ini juga menceritakan 'secuil' mengenai wayang kulit. Bagaiamana Sunan Kali Jaga meyebarkan Islam di Pulau Jawa lewat wayang kulit. Sehingga Sunan Kali Jaga pantas disebut seorang seniman yang memilki jasa besar.
Ditambahkan Megawati, sebenarnya yang paling dinanti saat menonton wayang kulit adalah saat bagian goro-goro. 
Bagian itu biasanya dimunculkan saat para penonton tengah kantuk. Sehingga disematkan lelucon-lelucon yang sebenarnya banyak makna dan filosofinya.
"Jadi adanya goro-goro bisa menyegarkan mata kita, tapi itu juga perlu diambil filosofinya," tuturnya.
Lebih lanjut Megawati mengajak para generasi muda jangan sampai lupa kalau Indonesia juga tidak kalah Indah dengan negara-negara lain. Dirinya pernah teringat para cucunya sangat ingin mengunjungi Eropa. 
Namun dia berpesan keliling dunia boleh saja. Tapi ingat Indonesia tidak kalah Indahnya dengan negara lain.
"Oleh kerena itu saya selalu ajak mereka lihat dari Sabang sampai Marauke," pungkasnya. 


(gwn/JPC)



Thanks for reading our article Gelar Pertunjukan Wayang Kulit, Megawati Kenang Masa Kecil di Istana . Please share it with pleasure.
Sincery My path, My Lovely garden
SRC: https://www.jawapos.com/read/2018/01/27/184400/gelar-pertunjukan-wayang-kulit-megawati-kenang-masa-kecil-di-istana

Comments