Hadapi Pilkada Serentak, Polda Sulsel lakukan simulasi pengamanan | merdeka.com


Hadapi Pilkada Serentak, Polda Sulsel lakukan simulasi pengamanan



Merdeka.com - Tahun ini, sejumlah daerah termasuk Sulawesi Selatan akan melaksanakan pemilihan kepala daerah periode 2018-2023 secara serentak. Mapolda Sulsel terus melakukan berbagai persiapan dan simulasi menghadapi pilkada tersebut.
Baru-baru ini, Polda Sulsel mendapat bantuan ratusan motor trail dan kendaraan pengurai massa yang diberi nama V8 Raisa. Suplai ini diberikan karena Sulsel menjadi salah satu daerah yang mendapatkan perhatian khusus jelang Pilgub Sulsel.
"Polda Sulsel harus dilengkapi peralatan yang cukup karena wilayah Sulsel jadi perhatian utama pengamanan pilkada. Jadi dari pusat kita sudah terima ratusan kendaraan taktis atau rantis berupa 300 unit motor di antaranya motor trail dan puluhan kendaraan pengurai massa atau mobil V8 raisa. Termasuk Road Blocker atau penghalang jalan," kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Polisi Dicky Sondani, kepada wartawan, usai pelaksanaan simulasi PAM Pilkada di Mapolres Pelabuhan Makassar, Sabtu, (27/1). Hadir dalam simulasi itu Kapolres Pelabuhan, AKBP Aris Bachtiar kepada wartawan.



Motor trail, mobil raisa dan road blocker ini diperkenalkan dalam simulasi yang berlangsung kurang lebih 45 menit itu. Dicky menjelaskan, khusus mobil pengurai massa telah dilengkapi alat pengeras suara dengan kekuatan tertentu. Sebanyak 24 polres di wilayah Sulsel juga akan diberikan.
Sedangkan untuk Road Blocker akan digunakan dalam kondisi tertentu saat pengamanan. Road blocker berupa ranjau paku yang bisa diatur panjang pendeknya. Fungsinya, menahan laju kendaraan pelaku kerusuhan atau kejahatan yang tidak mau berhenti.
"Simulasi tadi ini digelar Polres Pelabuhan dan diharapkan juga digelar polres lainnya karena ini semacam latihan sehingga kita bisa evaluasi diri. Kita berharap Pilkada nanti berjalan aman dan damai tapi kalau ternyata nanti terjadi kondisi anarkis dengan konstelasi tinggi yah seperti itu tadi tahapan penanganannya. Semua unsur bergerak termasuk kerja sama TNI, Satpol PP dan warga," jelas Kombes Polisi Dicky Sondani. [lia]


Thanks for watching our article Hadapi Pilkada Serentak, Polda Sulsel lakukan simulasi pengamanan | merdeka.com. Please share it with pleasure.
Sincery My path, My Lovely garden
SRC: https://www.merdeka.com/peristiwa/hadapi-pilkada-serentak-polda-sulsel-lakukan-simulasi-pengamanan.html

powered by Blogger Image Poster

Comments