Hari Ini, Ribuan Pengemudi Angkutan Online Gelar Aksi Tolak Permenhub 108 - Tribunnews.com


Hari Ini, Ribuan Pengemudi Angkutan Online Gelar Aksi Tolak Permenhub 108



Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekitar 5000 pengemudi angkutan berbasis online akan menggelar aksi penyampaian pendapat, pada Senin (29/1/2018). Aksi akan dimulai dari kawasan IRTI Monas menuju Istana Negara, Jakarta Pusat.
Aksi unjuk rasa dilakukan untuk menolak diberlakukannya Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 108 Tahun 2017 mengenai Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek.
Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Suyatno, mengonfirmasi adanya aksi penyampaian pendapat itu. Menurut dia, aparat kepolisian bersama TNI akan mengamankan unjuk rasa.

Baca: Auto2000 Tawarkan Layanan One Stop Buat Pebisnis Kuliner Food Truck, Anda Tertarik?

"Sekitar 2.300 aparat (berjaga), terdiri dari TNI, Polda, Polres dan Polsek," tutur Kompol Suyatno, pada Senin (29/1/2018).
Dia menjelaskan, ribuan personel itu dibagi ke sejumlah tempat pelaksanaan aksi unjuk rasa. Beberapa titik itu, seperti di Istana Negara, di depan Gedung Kementerian Perhubungan, Bundaran Patung Kuda, Gedung Mahkamah Agung dan kawasan Monumen Nasional.
"Kuatnya (jumlah personel,-red) lihat situasi bisa penambahan," jelas Suyatno.
Sebelumnya, elemen pengemudi angkutan berbasis online menolak Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 mengenai Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek.
Permenhub itu merupakan hasil revisi dari aturan sebelumnya yang dibatalkan Mahkamah Agung (MA).
Setidaknya, ada sembilan regulasi dalam aturan baru itu, antara lain mengatur soal argo, penetapan tarif batas bawah dan tarif batas atas, kuota kendaraan, wilayah operasi, domisili Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang harus sesuai wilayah operasi, dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT).


Thanks for watching our article Hari Ini, Ribuan Pengemudi Angkutan Online Gelar Aksi Tolak Permenhub 108 - Tribunnews.com. Please share it with pleasure.
Sincery My path, My Lovely garden
SRC: http://www.tribunnews.com/metropolitan/2018/01/29/hari-ini-ribuan-pengemudi-angkutan-online-gelar-aksi-tolak-permenhub-108

Comments