Komisi II DPR Kaget, Irjen Iwan Bule Bakal Jadi Plt Gubernur Jabar


Komisi II DPR Kaget, Irjen Iwan Bule Bakal Jadi Plt Gubernur Jabar

Keduanya yakni, Asisten Kapolri bidang Operasi (Asops) Irjen Mochamad Iriawan (Iwan Bule, red) yang merupakan mantan Kapolda DKI Jakarta menjadi Plt gubernur Jawa Barat, dan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Martuani Sormin, diplot menjadi Plt gubernur Sumatera Utara.
Menanggapi hal itu, Ketua Komisi II DPR, Zainudin Amali mengaku dalam waktu dekat ini akan meminta penjelasan dari Mendagri, apa alasan menjadikan dua pati tersebut sebagai Plt gubernur.

"Akan meminta penjelasan beliau kira-kira apa yang menjadi dasar penunjukan dua perwira polisi ini," ujar Amali di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Kamis (25/1)‎.
Politikus Partai Golkar ini mengaku, Komisi II DPR belum diajak komunikasi dengan Mendagri soal penunjukan Plt dua provinsi itu. Namun, dirinya mengaku kaget karena yang ditunjuk adalah dari Polri, bukan pejabat eselon dari Kemendagri.
"Belum tahu, malah tahu dari teman-teman pers saya, kemudian begitu ada saya lihat sudah ada pengumuman," katanya.
Namun demikian, apabila nanti penunjukan tersebut final dan dikeluarkan Keppres, maka Komisi II DPR berharap dua pati tersebut bisa netral dan profesional dalam menjalankan tugasnya menjadi Plt kepala daerah.
"Berharap supaya berlaku objektif, kalau toh tidak objektif kan ada Bawaslu, dan masyarakat mengawasi," pungkasnya.
Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Martinus mengatakan, pihaknya masih menunggu surat resmi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hingga saat ini perihal Iriawan dan Martuani menjadi kepala daerah sementara ini.
Menurutnya, penunjukan dua pejabat Polri tidak ada yang salah. Karena dahulu pernah terjadi sebelumnya saat Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Kementerian Koordinator bidang Poltik, Hukum dan, Keamanan (Kemenko Polhukam) Irjen Carlo Brix Tewu menjabat Plt Gubernur Sulawesi Barat pada 2016 silam. 


(gwn/JPC)



Thanks for visiting our article Komisi II DPR Kaget, Irjen Iwan Bule Bakal Jadi Plt Gubernur Jabar . Please share it with kind.
Sincery My path, My Lovely garden
SRC: https://www.jawapos.com/read/2018/01/25/183975/komisi-ii-dpr-kaget-irjen-iwan-bule-bakal-jadi-plt-gubernur-jabar

Comments