Pati Polri Jadi Plt Gubernur, Tjahjo Jadi Sasaran


Pati Polri Jadi Plt Gubernur, Tjahjo Jadi Sasaran

Ketua DPP Partai Demokrat‎ Ferdinand Hutahaen mengatakan, sangat aneh dan menjadi tidak wajar keputusan Mendagri Tjehjo Kumolo yang mengusulkan dua pati polri untuk jadi Plt gubernur.
Jika merujuk kepada seluruh aturan, baik undang-undang maupun peraturan menteri yang mengatur tentang hal tersebut bahwa penjabat sementara kepala deerah, gubernur maupun bupati atau wali kota adalah apartur sipil negara (ASN) setingkat madya atau pratama. "Tidak disebutkan di dalam aturan itu boleh menunjuk dan menugaskan anggota Polisi atau TNI," ujar Ferdinand kepada JawaPos.com, Jumat (26/1).

Sebelumnya Mendagri Tjahjo Kumolo menyebut akan menunjuk Asops Kapolri Irjen Mochamad Iriawan menjadi Plt Gubernur Jabar dan Kadiv Propam Polri Irjen Martuani Sormin sebagai Plt Gubernur Sumut. Alasan pemilihan dua pati itu demi keamanan.
Menurut Ferdinan, alasank itu mengada-ada karena merupakan bentuk pelecehan. "Itu pelecehan terhadap supremasi pemerintahan sipil yang seolah sipil tidak mampu menjaga keamanan daerah dan juga melecehkan posisi kapolda setempat, yang dianggap tidak mampu menjalankan tupoksinya menjaga keamanan, dan ketertiban di wilayah hukumnya selama Pilkada," tegasnya.
Lebih dari itu, sambungnya, jika logika Tjhajo Kumolo diikuti lebih jauh, maka sama saja artinya dia meragukan Presiden Jokowi yang seorang sipil mampu menjaga kemanan dan ketertiban negara ini. "Apakah begitu logikanya seorang Mendagri?," tanyanya.
Di tempat lain, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul menyebut, penunjukan dua pejabat Polri tidak ada yang salah. Karena dahulu pernah terjadi sebelumnya saat Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Kementerian Koordinator bidang Poltik, Hukum dan, Keamanan (Kemenko Polhukam) Irjen Carlo Brix Tewu menjabat Plt Gubernur Sulawesi Barat pada 2016 silam.


(gwn/JPC)



Thanks for watching our article Pati Polri Jadi Plt Gubernur, Tjahjo Jadi Sasaran . Please share it with pleasure.
Sincery My path, My Lovely garden
SRC: https://www.jawapos.com/read/2018/01/26/184109/alasan-mendagri-tunjuk-dua-jenderal-jadi-plt-gubernur-mengada-ada

Comments