Polda Jabar Antisipasi Kampanye Hitam dan Politik Uang di Pilkada : Okezone News


Polda Jabar Antisipasi Kampanye Hitam dan Politik Uang di Pilkada : Okezone News



BANDUNG – Guna mengantisipasi adanya kampanye hitam (black campaign) dan politik uang (money politic) saat masa kampanye di Jabar, Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto mengingatkan kembali kepada partai politik dan para calon yang akan maju dalam pilkada untuk menaati ketentuan yang sudah ada.

Guna mengantisipasi hal itu pun, Agung menuturkan, pihaknya telah membentuk tim yang nantinya untuk disiapkan jntuk lakukan pemantauan dan pengawasan selama berjalannya pilkada serentak di Jabar.
"Saya sudah sampaikan kita bentuk tim cyber, tim money politic dan black campaign. Jadi, begitu ada informasi, nanti babinkamtibmas dan Babinsa melapor kita akan tindak lanjuti," terang Agung di Lapangan Gasibu, Bandung, Sabtu (20/1/2018).

Agung menyebutkan, setiap tahapan Pilkada telah diatur tata tertibnya. Begitu halnya pada saat kampanye. Setiap pasangan calon (paslon) dan peserta kampanye di larang untuk memepersoalkan Pancasila dan UUD 45, menghina seseorang, agama, suku, ras dan golongan.
Selain itu, dalam kampanye, dilarang melakukan penghasutan serta mengadu domba partai politik dan masyarakat.

"Apabila ada ketentuan yang dilanggar, Polda Jabar akan mengambil sikap yakni mengusulkan pembatalan atau penundaan kepada KPU Jabar, kemudian bekerja sama dengan Bawaslu untuk membubarkan kampanye yang tidak terdaftar. Sementara untuk tindak pidananya, bersama dengan Kejati dan Bawaslu mengedepankan Sentra Gakumdu (penegakan hukum terpadu)," kata Agung.


(erh)



Thanks for watching our article Polda Jabar Antisipasi Kampanye Hitam dan Politik Uang di Pilkada : Okezone News. Please share it with kind.
Sincery My path, My Lovely garden
SRC: https://news.okezone.com/read/2018/01/20/525/1847899/polda-jabar-antisipasi-kampanye-hitam-dan-politik-uang-di-pilkada

Comments