Tunjuk Dua Jenderal Polisi, Tjahjo Siap Diberi Sanksi Presiden Jokowi


Tunjuk Dua Jenderal Polisi, Tjahjo Siap Diberi Sanksi Presiden Jokowi

Keputusan Mendagri Tjahjo Kumolo ini pun langsung menuai polemik lantaran dianggap kontroversial. Bahkan, menteri dari PDIP itu dianggap melanggar UU karena melibatkan Polri dalam politik praktis.
Menanggapi hal itu, Menteri Tjahjo mengaku siap apabila penujukan dua jenderal polisi itu tidak diterima oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bahkan dia siap menerima kesalahanya apabila keputusannya itu melanggar aturan atau UU.

"Kalau apa yang saya sampaikan salah saya terima," ujar Tjahjo dalam pagelaran wayang kulit HUT ke-45 PDIP di Tugu Proklamasi, Jakarta, Sabtu (27/1).
Bahkan apabila keputusannya salah, Tjahjo mengaku, dirinya siap diberi sanksi oleh Presiden Jokowi. Pasalnya, semua yang ia jalankan sudah dihitung dan tidak melanggar aturan yang ada.
"Saya siap mau diberi sanksi. silakan saja,“ katanya.
Mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengaku, tidak mengambil keputusan sepihak atas penujukan dua jenderal itu. Melainkan sudah dikomunikasikan oleh Menkopolhukam Wiranto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.
‎"Jadi kalau dianggap melanggar, melanggar yang mana," tegasnya.
Sebelumnya, Irjen Pol I‎riawan diusulkan sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat, mengisi posisi yang ditinggalkan Ahmad Heryawan mulai 13 Juni 2018.
Sementara, Irjen Pol Martuani Sormin disiapkan mengisi posisi Penjabat Gubernur Sumut menggantikan Tengku Erry Nuradi yang habis masa jabatannya pada 17 Juni 2018.
Tjahjo berlasan‎ sengaja meminta penjabat kepala daerah dari unsur Polri dan TNI, karena untuk menjaga daerah-daerah yang dianggap memiliki tingkat kerawanan tinggi, terutama saat Pilkada serentak 2018. 
Selain itu, ada alasan lain yang menjadi dasar Mendagri Tjahjo Kumolo. Yakni pada 2017 pihaknya juga menunjuk Penjabat Gubernur Sulawesi Barat dijabat Irjen Pol Carlo Brix Tewu, dan di Aceh diisi oleh Mayor Jenderal TNI Soedarmo. 


(gwn/JPC)



Thanks for visiting our article Tunjuk Dua Jenderal Polisi, Tjahjo Siap Diberi Sanksi Presiden Jokowi . Please share it with kind.
Sincery My path, My Lovely garden
SRC: https://www.jawapos.com/read/2018/01/28/184431/tunjuk-dua-jenderal-polisi-tjahjo-siap-diberi-sanksi-presiden-jokowi

Comments