Tunjuk Iwan Bule Jadi Plt Gubernur Jabar, PAN Nilai Tjahjo Tidak Lazim


Tunjuk Iwan Bule Jadi Plt Gubernur Jabar, PAN Nilai Tjahjo Tidak Lazim

Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno mempertanyakan, keputusan Menteri Tjahjo itu, pasalnya Polri dan juga TNI perlu menjaga netralitas dari kepentingan-kepentingan politik yang ada.
“PAN beranggapan usulan pengangkatan dua pati Polri adalah tidak lazim dilakukan," ujar Eddy di sela-sela diskusi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (26/1).

Menurut Eddy, penunjukan Plt dari unsur Polri itu akan menuai persepsi buruk dari masyarakat. Pasalnya, di Jawa Barat ada Irjen Pol Anton Charliyan yang ikut maju di Pilgub Jabar. 
“Oleh sebab itu netralitas Polri perlu dijaga. Apalagi di Jawa Barat ada sesama polisi yang akan bertarung di Pilkada Jawa Barat," katanya.
Selain itu, alasan keamanan yang diungkapkan Tjahjo  dalam menunjuk dua pati polri tersebut, sangat tidak tepat.
Eddy mencontohkan, untuk DKI Jakarta saja Tjahjo yang merupakan mantan sekjen PDIP itu, justru menunjuk Plt dari eselon di Kementerian Dalam Negeri. Padahal pilgub di Ibu Kota berlangsung sangat panas dan banyak menuai huru-hara. 
"Di pilgub DKI yang masyarakatnya sampai terbelah saja tidak ada konflik. Jadi menurut saya justifikasinya enggak ada untuk menunjuk dua pati tersebut," katanya.
Kalaupun memang alasannya kehabisan eselon, lanjut  Eddy, maka tentu saja ‎ada jalan lain. Seperti diangkatnya sekda. Sehingga, tidak menimbulkan persepsi buruk dari masyarakat.
"Nah dijabat sekda ini kan bisa dibenarkan. Jadi kenapa haru memaksakan dari polri,” pungkasnya.
Sebelumnya, Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Pol M. Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule dan merupakan mantan Kapolda Jabar dan DKI itu ditunjuk sebagai Plt Gubernur Jabar.
Sementara Kadiv Propam Polri Irjen Pol Martuani Sormin, ditunjuk sebagai Penjabat‎ gubernur Sumut. Namun demikian, penunjukkan ini masih menunggu surat resmi dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kuomolo. ‎Nantinya mereka akan menjabat sebagai pelaksana tugas gubernur hingga rangkaian Pilkada Serentak 2018 selesai. 


(gwn/JPC)



Thanks for reading our article Tunjuk Iwan Bule Jadi Plt Gubernur Jabar, PAN Nilai Tjahjo Tidak Lazim . Please share it with responsible.
Sincery My path, My Lovely garden
SRC: https://www.jawapos.com/read/2018/01/26/184211/tunjuk-iwan-bule-jadi-plt-gubernur-jabar-pan-nilai-tjahjo-tidak-lazim

Comments