Verifikasi Faktual, Ini 3 Hal Penting yang Mesti Dipersiapkan Parpol


Verifikasi Faktual, Ini 3 Hal Penting yang Mesti Dipersiapkan Parpol

"Partailah yang harus mempersiapkan diri untuk verifikasi faktual ini,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantornya, Menteng, Jakarta, Sabtu (27/1).
Lantas apa saya yang harus dipersiapkan? Arief menuturkan, pada tingkat Dewan Pimpinan Pusat (DPP), KPU akan memverifikasi tiga hal. Pertama, kepengurusan inti. Kedua, keterwakilan perempuan. Ketiga, domisili.

"Pengurus harus sudah bersiap pada jam yang telah ditentukan. Begitupun keterwakilan perempuan juga. dokumen-dokumen domisili, penggunaan kantor juga sudah harus disiapkan," imbaunya. 
Lebih rinci, kepengurusan inti kata dia harus terdiri dari ketua, sekretaris, dan bendahara. Lalu, keterwakilan perempuan harus berdasarkan struktur kepengurusan DPP yang dikirimkan pada KPU dan sudah ada dalam Surat Keputusan (SK) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).
"Itu kita hitung apakah keterwakilan perempuannya mencapai sekurang-kurangnya tiga puluh persen atau tidak," jelas Arief.
Kemudian terkait domisili, KPU juga akan mengecek apakah sudah benar bahwa ruangan, atau kantor, atau gedung yang berada di alamat tersebut memang gedung partai politik yang dapat digunakan sampai dengan berakhirnya tahapan. 
“Termasuk memastikan kebenaran surat pernyataan pimpinan parpol tingkat pusat mengenai penggunaan kantor tetap berlaku sampai dengan tahapan terkahir pemilu," imbuhnya. 
Lebih lanjut Arief mengatakan, proses verifikasi ini sama dengan verifikasi yang dijalani empat partai baru. Yakni, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Islam Damai Aman (Idaman), Partai Berkarya, dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
"Ini kan sama seperti yang sudah kita lakukan dengam partai yang terdahulu diverifikasi," pungkasnya. 


(dna/JPC)



Thanks for reading our article Verifikasi Faktual, Ini 3 Hal Penting yang Mesti Dipersiapkan Parpol . Please share it with pleasure.
Sincery My path, My Lovely garden
SRC: https://www.jawapos.com/read/2018/01/27/184335/verifikasi-faktual-ini-3-hal-penting-yang-mesti-dipersiapkan-parpol

Comments